PERATURAN DALAM BERKENDARA

Posted: Agustus 7, 2010 in Uncategorized

1. Dalam Touring yang diperhatikan adalah Keselamatan Berkendara, Keselamatan Group sehingga sebelum touring dicheck dahulu kendaraan anda (tekanan ban, lampu, oli, kencangkan baut, dan check mesin), perlengkapan touring (helm, jacket, sarung tangan, mantel hujan, sepatu), dan group diwajibkan mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku.

2. LEADER (pemimpin touring/ paling depan) sehingga group dilarang untuk mendahului leader, dan signal tangan yang di berikan leader agar diteruskan ke belakang sehingga semua group mengetahui situasi didepannya. SWEEP RAIDER (memantau group/ paling belakang) fungsinya memantau dan menjaga group agar tetap dalam kesatuan dan keselamatan,sehingga apabila ada anggota group yang merasa group terlalu cepat, atau kendarannya dalam masalah agar memberitahu sweep raider. Sweep raider dapat mendahului group untuk memberitahukan leader mengenai situasi group ataupun memerintahkan group agar berkendara 1 baris untuk memberi jalan pengendara lain.

3. Touring dalam 1 Baris : berkendara 1 baris sejajar, ketika dalam perjalanan dengan kecepatan yang cukup tinggi, banyak belokan, banyak lubang, jalan sempit. Touring dalam 2 Baris : berkendara 2 baris secara zig-zag, sehingga tidak akan berbenturan apabila menghidari lubang tiba-tiba, dimungkinkan apabila jalan yang dilalui mulus dan lebar. Touring dalam 2 Baris Dalam Kota : berkendara 2 baris berdampingan, apabila memungkinkan di jalanan kota yang lebar, group bisa berdampingan dalam kecepatan pelan (Show) Jarak antar motor dengan didepannya sekitar 2 detik kecepatan atau lebih kurang 5 m

4. Parkir secepatnya dengan rapi dan dalam urutan, ketika sampai ditujuan leader mengambil tempat di ujung terjauh diikuti motor dibelakangnya parkir disebelahnya, tunggu group parkir semua baru turun dari motor. Berangkat, hidupkan mesin setelah ada aba-aba dari leader dan bergerak dalam urutan dimulai dari leader dan motor disebelahnya. Kekompakan kita mencerminkan kesolidan dan ciri Mr.Big

5. Ingat kita menggunakan jalan dengan pengendara lainnya, jangan menguasai jalan, berilah kesempatan kendaraan lain untuk mendahului, patuhi peraturan lalu lintas dan hindari ugal-ugalan di jalan raya.

6. Diharapkan kepada seluruh anggota untuk mempelajari dan menerapkan etika dalam bertouring agar dapat menjadi leader / sweep leader secara bergantian.

Semoga Bermanfaat…

About these ads

Komentar ditutup.